Trip to Jogja ( Backpacker Bareng Balita)

Karena banyak yang minta dijapri masalah itin ke Jogja, saya share aja ya...
Saya kemarin ke jogja tidak menggunakan travel agent alias backpackeran bersama suami dan anak saya yang masih berumur 3 tahun.
Saya menggunakan mode transportasi pesawat, karena ini yang paling pas dan nyaman buat balita karena waktu tempuhnya pun cukup singkat, hanya 1 jam dari Jakarta ke Jogja.
Untuk kendaraan selama disana saya menyewa sepeda motor, ini juga yang paling efektif dan efisien. Karena bisa langsung diantar ke bandara, gratis pula bebas biaya antar jemput motornya. Lebih fleksibel dan bebas macet.
Untuk hotel, saya menginap di Rene Hotel di kawasan Malioboro. Ini lokasi paling strategis menurut saya. Jarak k tempat wisata yang akan kami tuju hanya memakan waktu 1 jam.
Setelah sampai Jogja, tempat wisata yang pertama dikunjungi adalah Candi Prambanan. Alasannya adalah lokasinya yang paling dekat dengan bandara Adisucipto, juga sekalian menunggu waktu check in hotel yang masih 2 jam lagi. Tidak perlu khawatir masalah barang-barang, bisa dititipkan di loket pintu masuk. Jadi kita bisa bebas keliling Prambanan tanpa perlu bawa-bawa koper atau ransel.
Setelah puas berkeliling Prambanan, kami melanjutkan perjalanan menuju hotel. Waktunya istirahat, lanjut malam harinya belanja oleh-oleh di Malioboro. Cukup jalan kaki dari hotel.
Keesokan harinya berangkat selepas subuh untuk berburu sunrise di Bukit Panguk Kediwung. Kami sampai jam 6 pagi, alhamdulillah masih bisa menyaksikan 'negeri diatas awan'.
Setelah puas di Bukit Panguk, lanjut ke Gumuk Pasir Parangkusumo, ga jauh cuma 40 menit perjalanan. Lanjut ke Pantai Parangtritis dan Queen of the South Resort.
Nah,ini yang pada kepo...berapa sih biaya menginap di Queen of the South? Jawabannya mulai harga 700rb/malam untuk tipe standard room. Mahal ya?
Iya, bagi saya juga harga segitu mahal. Karena itu saya tidak menginap disana, tapi saya cuma bayar biaya visit/renang Rp.100.000/orang, anak dibawah 6 tahun free.
Selain karena harga menginap mahal, buat saya kurang pas menginap disana karena lokasinya agak jauh kedalam, jadi kurang strategis. Apalagi jarak ke bandara lumayan jauh dari resort.
So, ga mahal kan buat dapet view sebagus itu?
Kian siap-siap berenang (Queen of The South Resort)

Nanjak-nanjak di Gumuk Pasir

Hunting spot di Bukit Panguk

Istirahat di Hotel Rene

Negeri di atas awan

Betah lama-lama disini

Take off

pose di Candi Prambanan

Viewnya luar biasa bagus

Naik ATV di Pantai Parangtritis

Gumuk Pasir

Ga bisa lepas dari pemandangannya

Belajar jadi photografer


Mampir ke channel youtube saya ya untuk rekomendasi tempat wisata lainnya.
Kian Athar Channel

Berikut saya share untuk itinerary dan travel cost nya :
Day 1
11.10 arrive in jogja
11.30 candi prambanan
14.00 check in hotel
18.30 malioboro
21.00 istirahat
Day 2
04.30 panguk kediwung
07.00 gumuk pasir
08.00 parangtritis
09.00 Queen of the South Resort
12.00 kembali ke hotel
Day 3
09.00 kembali ke Jakarta
Biaya akomodasi
Rene Hotel 265rb/malam
Sewa motor 70rb/24 jm
Bensin 50rb
Tiket prambanan 40rb/orang
Panguk kediwung bayar parkir 3000
Parangtritis 7000/orang
Gumuk pasir 3000 parkir
Berenang di Queen south 100rb/orang
Tips :
Berliburlah saat weekday, bisa dapet spot foto bagus dan nyaman buat balita karena tidak terlalu padat pengunjung. Selain itu, tiket pesawat lebih murah.
Gunakan aplikasi WAZE sebagai panduan untuk menuju tempat wisata.
Karena travelling bersama balita, sebisa mungkin jangan terlalu padat jadwal.

Comments